Selamat datang di www.fitmart.co.id.

Syarat dan Ketentuan yang ditetapkan di bawah ini mengatur pemakaian jasa yang ditawarkan oleh PT Dua Puluh Fit (“FITmart”) terkait penggunaan situs www.fitmart.co.id. Pengguna disarankan membaca dengan saksama karena dapat berdampak kepada hak dan kewajiban Pengguna di bawah hukum.

Dengan mendaftar dan/atau menggunakan situs www.fitmart.co.id, maka pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua isi dalam Syarat dan Ketentuan. Syarat dan Ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Pengguna dengan FITmart.

Jika pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat dan ketentuan, maka pengguna tidak diperkenankan menggunakan layanan di www.fitmart.co.id.

 

Kepemilikan Akun

Semua Pengguna berhak membuat akun di FITmart secara gratis. Pengguna yang mendaftarkan diri dan memiliki akun di FITmart seterusnya akan disebut sebagai “Pengguna Terdaftar”. Pengguna yang menjual produknya melalui FITmart seterusnya disebut sebagai “Penjual”. Pengguna yang membeli produk dari FITmart seterusnya disebut “Pembeli”.

Ketika mendaftarkan akun, Pengguna harus mengisi data diri dengan akurat dan lengkap. Pengguna Terdaftar juga diharapkan untuk memperbarui informasi di akun miliknya jika suatu waktu terjadi perubahan. Segala bentuk kerugian yang disebabkan oleh informasi yang tidak lengkap dan/atau tidak akurat bukanlah merupakan tanggung jawab FITmart.

Pengguna bertanggung jawab penuh terhadap akun yang didaftarkannya. Segala bentuk aktivitas yang dilakukan atas nama akun yang didaftarkan Pengguna dianggap berasal dari Pengguna itu sendiri.

Pengguna bertanggung jawab penuh menjaga semua informasi akun Pengguna yang bersifat rahasia. FITmart sama sekali tidak bertanggung jawab atas semua kerugian yang ditimbulkan oleh kegagalan Pengguna dalam menjaga informasi rahasia pada akunnya.

 

Berjualan di FITmart

Pengajuan Produk

Semua Pengguna dapat mengirimkan pengajuan beserta informasi produk yang ingin dijual di situs FITmart ke partnership@fitmart.co.id. Setelah FITmart menerima surat pengajuan, tim FITmart akan menghubungi Pengguna untuk mendiskusikan bentuk kerja sama.

Bentuk Kerja Sama

Bentuk kerja sama yang dapat dilakukan antara FITmart dengan Penjual berupa:

  • Titip Jual, yaitu produk ditempatkan di lokasi gudang FITmart dengan sistem titip jual.
  • Beli Lepas, yaitu FITmart melakukan pembelian dalam jumlah tertentu untuk dijual kembali kepada Pembeli.

 

Ketentuan Produk

Setiap produk yang dimasukkan ke FITmart akan ditinjau terlebih dahulu oleh FITmart berdasarkan pemenuhan kriteria berikut:

  • Memiliki persetujuan izin edar dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM);
  • Halal berdasarkan persyaratan Majelis Ulama Indonesia, meskipun belum memiliki sertifikasi halal;
  • Bukan merupakan produk berkategori sensitif dan dewasa seperti alat kontrasepsi;
  • Bukan merupakan produk rokok, tembakau, vape maupun shisha; serta
  • Bukan merupakan produk yang melanggar hukum yang berlaku di Indonesia.

 

Transparansi Produk

Penjual harus secara terbuka menginformasikan FITmart apabila terdapat indikasi adanya kriteria Ketentuan Produk yang tidak dapat dipenuhi.

Penjual tidak boleh menjual produk bekas atau yang sudah pernah digunakan sebelumnya, juga produk yang melanggar hak cipta intelektual produsen lain.

Penjual dapat menggunakan bantuan atau tenaga produksi pabrik/perusahaan lain, namun penjual diharuskan untuk mengerti bahan yang digunakan, teknik produksi, dan kualitas produk sehingga dapat memberikan pertanggungjawaban kepada FITmart dan pembeli.

 

Deskripsi Produk

Ketika diminta, Penjual harus mengirimkan kepada FITmart informasi produk dengan akurat dan selengkap-lengkapnya. Informasi produk ini berupa nama, tipe/jenis, harga satuan, jumlah/stok, serta deskripsi produk yang berisi berat, ukuran atau dimensi, bahan yang digunakan, proses pembuatan, anjuran penggunaan, serta fitur dan ciri khas unik yang ada.

Penjual juga harus segera memperbarui informasi produk yang dijual kepada FITmart jika suatu waktu terjadi perubahan. Segala bentuk kerugian yang disebabkan oleh informasi produk yang keliru bukanlah tanggung jawab FITmart.

 

Informasi yang Tidak Benar

Jika terdapat informasi yang tidak benar atau tidak sesuai dengan kenyataan, yang diberikan oleh Penjual kepada FITmart atau Pembeli, FITmart berhak melakukan pemutusan kontrak kerja sama antara FITmart dengan Penjual.

 

Berbelanja di FITmart

Pemesanan dan Pembayaran

Proses transaksi berlangsung sejak Pembeli melakukan pemesanan produk di layanan FITmart. Pembeli dan Penjual harus melakukan seluruh langkah transaksi dengan metode yang disediakan oleh FITmart.

Ketika melakukan pemesanan, Pembeli berarti sudah membaca, mengamati, mengevaluasi, dan setuju dengan semua informasi produk yang akan dipesan.

Pembeli harus menyelesaikan pembayaran dalam waktu maksimal 1 x 24 jam setelah melakukan pemesanan sesuai dengan jumlah yang diminta hingga digit terakhir. Jika Pembeli tidak melakukan pembayaran dalam waktu yang ditentukan, maka Pembeli secara otomatis dianggap membatalkan transaksi dan transaksi akan batal secara otomatis oleh sistem.

Jika Pembeli membayar dengan jumlah yang lebih dari yang diminta, dana yang berlebih akan dikembalikan ke rekening Pembeli setelah Pembeli melaporkan hal ini kepada FITmart dengan disertai bukti pembayaran ke info@fitmart.co.id.

Jika Pembeli membayar dengan jumlah yang kurang dari yang diminta, transaksi dapat dinyatakan berhasil setelah: Pembeli membayar kekurangan nominal transaksi dalam batas waktu pembayaran, atau Pembeli dapat melakukan pembayaran baru dengan nominal yang sesuai dan melaporkan kepada FITmart agar pembayaran sebelumnya dikembalikan ke rekening Pembeli dengan disertai kedua bukti pembayaran ke info@fitmart.co.id.

Pembeli tidak bisa membatalkan pesanan jika pembayaran telah diterima. Ketika Pembeli sudah menyelesaikan pesanan dan pembayaran, transaksi dianggap telah berhasil dan barang akan dikirim oleh FITmart.

 

Metode Pengiriman

Produk yang dipesan melalui situs FITmart akan dikirimkan dengan jasa JNE Reguler (REG).

 

Biaya Pengiriman

Biaya pengiriman ditentukan berdasarkan berat atau dimensi produk, dan dikalkulasikan berdasarkan jarak lokasi pengiriman dan biaya asuransi. Sistem FITmart akan menghitung secara otomatis biaya pengiriman di halaman Pembayaran.

 

Promo Gratis Ongkir

Dari waktu ke waktu, FITmart memberikan promosi gratis ongkos kirim (“Promo gratis ongkir”) kepada Pembeli dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Promo gratis ongkir hanya diberikan dalam periode yang telah ditentukan, untuk kategori produk dan/atau metode pembayaran tertentu, dan jika nilai transaksi melebihi jumlah tertentu. Ketentuan ini dapat ditemukan pada halaman Promo.
  • Promo gratis ongkir hanya berlaku untuk pengiriman ke alamat yang berlokasi di area Jabodetabek.

 

Kegagalan Pengiriman

Pembeli bertanggung jawab atas kegagalan pengiriman yang disebabkan oleh alamat yang tidak lengkap, tidak ada penerima barang di alamat rumah yang dituju, atau penerima menolak barang yang sudah dikirim. Jika terjadi demikian, FITmart akan melakukan konfirmasi pengiriman kembali dan Pembeli bertanggung jawab untuk membayar biaya pengiriman untuk pengiriman kedua.

 

Kerusakan Barang

Jika barang diterima dalam kondisi rusak, Pembeli dapat melaporkan hal ini melalui email ke info@fitmart.co.id dengan menyertakan informasi berikut:

  • Nomor invoice
  • Nama lengkap
  • Nomor telepon
  • Detil keluhan terhadap produk yang diterima
  • Foto produk sebagai bukti keluhan

FITmart hanya menerima pengaduan kerusakan barang yang dilakukan dalam waktu 2 x 24 jam sejak barang tiba di alamat pengiriman. Setelah menerima pengaduan, FITmart akan menghubungi Pembeli untuk mendiskusikan bentuk penyelesaian yang dapat dilakukan.

 

Kehilangan Barang

Jika barang belum diterima pembeli setelah tanggal pesanan seharusnya diterima, Pembeli dapat melaporkan hal ini melalui email ke info@fitmart.co.id dengan menyertakan informasi berikut:

  • Nomor invoice
  • Nama lengkap
  • Nomor telepon
  • Detil keluhan terhadap produk yang diterima

FITmart hanya menerima pengaduan kehilangan barang yang dilakukan dalam waktu 5 hari sejak barang tiba di alamat pengiriman. Setelah menerima pengaduan, FITmart akan menghubungi Pembeli untuk mendiskusikan bentuk penyelesaian yang dapat dilakukan.

 

Produk Tidak Sesuai Pesanan

Jika produk yang diterima Pembeli ternyata tidak sesuai dengan pesanan (salah kirim), Pembeli berhak mengajukan penukaran produk kepada FITmart dalam waktu 2 x 24 jam sejak produk tiba di alamat pengiriman.

Pembeli harus mengirimkan email ke info@fitmart.co.id yang berisi informasi berikut:

  • Nomor invoice
  • Nama lengkap
  • Nomor telepon
  • Detil keluhan terhadap produk yang diterima
  • Foto produk sebagai bukti keluhan

FITmart akan mempertimbangkan pengajuan penukaran dari Pembeli dan berhak memutuskan apakah pengajuan penukaran sah atau tidak. Jika ya, maka FITmart memiliki 2 pilihan untuk menyelesaikan pengaduan dari Pembeli yaitu:

  • Menukar produk yang sesuai dengan keinginan Pembeli; atau
  • Membatalkan transaksi dan mengembalikan uang kepada Pembeli.

FITmart dan Pembeli juga akan mendiskusikan konsekuensi dari solusi, terutama yang berkaitan dengan:

  • Jasa pengiriman yang akan digunakan;
  • Penanggung ongkos kirim (untuk produk awal ke FITmart dan untuk produk baru ke Pembeli);
  • Estimasi waktu produk akan dikirim FITmart dan diterima Pembeli;
  • Keberhasilan transaksi.

Pengaduan penukaran barang oleh Pembeli yang dilakukan setelah batas waktu yang ditentukan di atas akan dianggap tidak sah.

 

Penyelesaian Konflik

Segala bentuk konflik yang timbul antara Pembeli dengan FITmart akan diselesaikan melalui musyawarah mufakat dan/atau berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

 

Legalitas dan Kekuatan Hukum

FITmart selalu berupaya untuk memberikan pelayanan yang aman, nyaman, dan berfungsi dengan baik meskipun kami tidak dapat menjamin operasi terus-menerus atau akses ke layanan kami dapat selalu sempurna. Informasi dan data dalam situs FITmart memiliki kemungkinan tidak diperbarui secara real time atau pada saat itu juga.

Pengguna setuju untuk menggunakan layanan FITmart atas risiko Pengguna sendiri. Sejauh diizinkan oleh hukum yang berlaku, FITmart (termasuk induk perusahaan, anak perusahaan, direktur, dan karyawan) tidak bertanggung jawab, dan Anda setuju untuk tidak menuntut FITmart atas segala kerusakan atau kerugian (termasuk namun tidak terbatas pada hilangnya uang, reputasi, keuntungan, atau kerugian tak berwujud lainnya) yang diakibatkan secara langsung atau tidak langsung dari:

  • Penggunaan atau ketidakmampuan Pengguna dalam menggunakan layanan FITmart.
  • Harga dan kualitas produk.
  • Keterlambatan atau gangguan dalam layanan FITmart.
  • Pelanggaran hak atas kekayaan intelektual.
  • Pencemaran nama baik pihak lain.
  • Kerugian yang disebabkan oleh produk yang dijual melalui FITmart
  • Setiap penyalahgunaan produk yang sudah dibeli Pengguna.
  • Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak lain selain ke rekening resmi FITmart, yang dengan cara apa pun mengatas-namakan FITmart ataupun kelalaian penulisan rekening dan/atau informasi lainnya dan/atau kelalaian pihak bank.
  • Peretasan, virus atau perangkat lunak berbahaya lainnya yang mengakses atau menghubungkan ke layanan FITmart.
  • Gangguan, bug, kesalahan atau ketidakakuratan apapun dalam layanan FITmart.
  • Kerusakan pada perangkat keras Anda dari penggunaan setiap layanan FITmart.
  • Isi, tindakan, atau tidak adanya tindakan dari pihak ketiga, termasuk terkait dengan produk yang ada dalam situs FITmart yang diduga palsu.

Pengguna akan melepaskan FITmart dari tuntutan ganti rugi dan menjaga FITmart (termasuk induk perusahaan, anak perusahaan, direktur, dan karyawan) dari setiap klaim atau tuntutan, termasuk biaya hukum yang wajar, yang dilakukan oleh pihak ketiga yang timbul dalam hal Pengguna melanggar Syarat dan Ketentuan ini, penggunaan Layanan FITmart yang tidak semestinya atau pelanggaran Pengguna terhadap hukum atau hak-hak pihak ketiga.

Perjanjian ini akan diatur oleh dan ditafsirkan sesuai dengan hukum Republik Indonesia, tanpa memperhatikan pertentangan aturan hukum. Anda setuju bahwa tindakan hukum apapun atau sengketa yang mungkin timbul dari, berhubungan dengan, atau berada dalam cara apapun berhubungan dengan situs dan/atau Perjanjian ini akan diselesaikan secara eksklusif dalam yurisdiksi pengadilan Republik Indonesia.

 

Ketidakberlakuan

Apabila terdapat ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini yang ditetapkan oleh suatu badan peradilan menjadi tidak berlaku, batal, atau tidak dapat dilaksanakan, ketentuan tersebut harus dilaksanakan sampai seluas-luasnya yang diperbolehkan oleh hukum sesuai dengan perwujudan keinginan dari para pihak, dan keberlakuan serta dapat dilaksanakannya ketentuan yang lain dari Syarat dan Ketentuan ini tidak dapat dalam cara apapun terpengaruh, dihalangi atau menjadi tidak berlaku.

 

Perubahan Kebijakan

Syarat dan Ketentuan yang ada di halaman ini sewaktu-waktu bisa berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu demi peningkatan layanan FITmart kepada Pengguna. Pengguna disarankan untuk secara berkala memeriksa kembali halaman Syarat dan Ketentuan ini untuk melihat apakah terjadi perubahan atau tidak. Jika pengguna memutuskan untuk menggunakan layanan FITmart, maka secara tidak langsung Pengguna telah menyetujui tanpa terkecuali segala Syarat dan Ketentuan yang ditentukan oleh FITmart.

Pembaruan Terakhir: 3 Mei 2019